Backpacking to Ujung Genteng

March 10, 2009 at 1:50 am 9 comments

Cukup lama juga saya mengabaikan blog saya,, bukan karena ingin mengabaikan tapi emang sedang belum ada mood untuk menulis atau belum menemukan suatu bahan tulisan yang mantap.

Pada tulisan ini saya mencoba berbagi pengalaman maen2 ke ujung genteng tanggal 6,7,8 maret kemarin. Ppostingan ini saya bagi menjadi dua bagian yang pertama mungkin mengenai hal-hal teknis yang bisa dijadikan pertimbangan bagi temen-temen yang belum pernah kesana dan pengen maen kesana.

Ujung genteng termasuk wilayah kabupaten sukabumi jawa barat kalo dilihat di peta jawa barat paling gampang, bagian ujung dari tanjung yang ada di peta jawa barat,, kalo bagian teluknya itu pelabuhan ratu. Jarak dari Jakarta sekitar 260 km hampir sama dengan jarak ke Bandung. Banyak tempat yang bisa dikunjungi di ujung genteng mulai dari sungai, curug atau air terjun, goa2 dan sungai bawah tanah, pantai karang dengan habitat ikan2 hias yang berwarna warni, ditambah penangkaran penyu.Rasanya ga bakalan rugi kalo kita maen2 kesana.

Saya memutuskan pergi kesana sekitar sebulan yang lalu setelah pulang dari trip jawa barat bagian timur yang sempat mampir ke pangandaran,green canyon, dan menyusuri pantai selatan jawa barat.

Pada perjalanan menuju ujung genteng kali ini tim saya beranggotakan 7 orang (anggaplah laskar pelangi) bukan karena kita orang2 hebat macam tokoh2 di novel andrea hirata, melainkan kebetulan aj yang ikut 7 orang.

Hal pertama sebelum berangkat adalah melakukan koordinasi walaupun hanya sebatas lewat email karena kita ber 7 kerja di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di serpong, kalideres, depok, thamrin, dan saya sendiri di fatmawati, bisa dibayangkan kami ber 7 berasal dari seluruh penjuru Jakarta dan kami memutuskan tempat perkumpulan kami di UKI. Kita janji berkumpul di UKI sekitar pukul 20.00 tanggal 6, tetapi karena sesuatu hal kita berkumpul lengkap sekitar pukul 21.30. Akhirnya kita memutuskan untuk naek bis jurusan sukabumi, ternyata jam segitu bis ke sukabumi udah habis hal ini bisa dijadikan pertimbangan bagi temen2 yang akan ke ujung genteng, bis sukabumi terakhir sekitar pukul 21.00. Akhirnya kita memutuskan untuk naek bis bogor dan turun di ciawi. Berangkat dari UKI sekitar pukul 22.00 sampai ke ciawi pukul 23.15, sampai ke ciawi satu2nya transport yang memungkinkan untuk menuju sukabumi adalah mobil L300 jurusan ciawi sukabumi, ada beberapa kelebihan dan kekurangan naik L300. Kelebihannya adalah bebas macet karena sering sekali berjalan di bahu jalan,,emang tidak aman mobil jalannya miring dan kurang nyaman juga karena sangat bergelombang, dan cara nyetirnya juga lumayan bikin kepala pusing, tapi cukup cepat karena jam 01.00 kita udah nyampe di alun2 sukabumi. Menikmati malam di sukabumi, bertemu temen2 backpaper lain yang lagi tidur di masjid agung.

Di alun-alun sukabumi kita sempat nanya harga carteran mobil ke surade,, ternyata cukup mahal juga sekitar 300rb,,karena kita tahu ke surade naek angkot umum cuma sekitar 20 rb akhirnya kita lebih memilih untuk naek angkot umum saja.

Angkot dari surade paling pagi sekitar pukul 03.00 dan berangkat dari teminal lembursitu. Karena kita masi di alun2 dan belum ada angkot menuju terminal lembursitu akhirnya kita memutuskan untuk nyari makan dan beli snack, di sekitar alun2 sukabumi ada alfamart yang buka 24 jam,rumah makan padang, dan nasi goring,, lumayan sambl makan nasi goreng kita nanya2 dulu ama orang disana kalo mo ke terminal lembursitu naek apa. Sekitar pukul 02.00 kita memutuskan jalan menuju pasar dan RAMAYANA tempat angkot ngetem ke arah lembursitu (warna angkotnya kuning). Sampai di lembursitu sekitar pukul 02.30 dan sudah ada mobil elf yang ke arah Surade. Satu hal penting yang harus diperhatikan kalo kita mo naek elf ke Surade, karena perjalanan yang cukup lama (3-4jam) dengan trek yang sangat berliku maka pilihlah tempat duduk yang senyaman mungkin yang memungkinkan anda untuk bisa tidur dengan nyenyak agar tidak mabok di jalan. Kalo emang ga kebagian tempat lebih baik memilih keberangkatan selanjutnya. Akhirnya kita berangkat ke Surade pukul 03.30 dengan tujuan jembatan cikaso, sebenarnya ELF berhenti terakhir di Surade, tapi karena kita emang membayar lebih, akhirnya kita diantar sampai jembatan cikaso, kita nyampe jembatan cikaso sekitar pukul 06.30

Di Cikaso kita berhenti sejenak di sebuah warung di ujung jembatan,, lumayan ngopi2, sarapan, atau mo nebeng ke kamar mandi. Donatnya lumayan enak, roti goreng (odading), atau gorengannya juga lumayan,, tapi kalo soal makan harganya kayaknya agak dimahalin,,mending kalo mo makan nanya harga dulu.

Sekitar pukul 08.00 kita memutuskan melanjutkan ke curug cikaso. Jalan menuju curug cikaso kalo dari jembatan cikaso sekitar 10 menit jalan. Arahnya kalo dari warung kita turun dibawah jembatan ke arah kiri, kalo dari surade tentu aja kita turun ke jembatan dan berjalan ke kanan. Ikuti terus sungai sampai nanti ketemu beberapa perahu terus kita Tanya disana kalau mo ke curug cikaso gimana, nanti ada bapak-bapak yang akan menarik retribusi untuk masuk ke curug sekitar 2000/orang dan kita juga bakal ditawarin naek perahu sekitar 50rb pulang pergi. Kita memilih jalan kaki walaupun kita sebenarnya tidak tahu seberapa jauh jarak ke curug cikaso, ternyata dari tempat pembayaran tiket hanya sekitar 5-10 menit dengan trek yang sangat mudah. Akhirnya kita merasa beruntung memilih jalan kaki.

Setelah dari curug kita ditawari bapak2 di tempat pembayaran tiket untuk maen ke goa haul,,sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk kesana cukup lumayan sekitar 250 dengan rincian perahu 50rb dan uang juru kunci dan pengantar 200rb. Tapi setelah kita tawar akhirnya disepakati harga 210rb. Goa yang kita kunjungi ternyata masih sangat asli,mungkin baru sedikit orang yang kesana, pertama masuk kita disambut trek yang cukup berat berlumpur dan sangat curam, tapi setelah masuk ke dalam kita akan terpukau dengan keindahan stalagtit dan stalagnitnya, dan sungai bawah tanah dengan air yang sangat jernih,Subhanallah. Tapi jalan menuju goa ini cukup menanjak dan melelahkan.

Setelah dari goa haul kita kembali lagi ke curug cikaso untuk mandi dan membersihkan diri dari lumpur2 dari goa, sekitar pukul 13.00 kita memutuskan beranjak ke ujung genteng. Transportasi dari cikaso ke ujung genteng secara langsung tidak ada, yang ada kita harus naik mobil pick up beratap terpal menuju jalan utama ke ujung genteng. Angkot ke ujung genteng hanya ada dari surade saja,untuk menuju surade dari cikaso sebaiknya menyewa pick up terpal atau naek elf jangan mengikuti jalur angkot pickup, karena kalo kita mengikuti jalur pick up ternyata pick up tersebut berhenti di jampang yang kemudian kita harus naek angkot lagi ke surade, dan dari surade dilanjutkan ke ujung genteng. Jarak surade-cikaso mungkin sekitar 3-4km, sedangkan jarak jampang ke surade 9km. Dari jampang akhirnya kita menyewa angkot untuk menuju ujung genteng dengan harga 12rb/orang, kita sampe ujung genteng sekitar pukul 16.00. Hal pertama yang kita rencanakan adalah mencari peginapan, akhirnya kita menuju pantai barat ujung genteng yang berderet penginapan, berjalan sekitar 1 km kearah barat ternyata semua kamar disana sudah dipesan. Kita akhirnya memutuskan untuk menghabiskan sore itu di pantai untuk melihat sunset,, kita sudah memutuskan untuk tidur dimana saja.

Kita memutuskan untuk mencari masjid untuk sholat dan membersihkan diri. Sekitar 400m kiri jalan dari arah pantai ada sebuah masjid yang cukup bersih, kita akhirnya memutuskan beristirahat sejenak sambil menunggu isya dan bertanya pada jamaah setempat mengenai tempat penginapan di sekitar masjid. Didapat dua penginapan yang pertama seharga 130rb/malam dengan jarak 500m dari pantai dan 40 rb/malam dengan jarak 1km dari pantai. Akhirnya kita memutuskan memilih yang terdekat dengan pantai.

Malam itu rencana ke penangkaran penyu dibatalkan, kami sudah cukup capek, dan biaya kesana juga cukup mahal 50rb/org PP kalo menyewa angkot lebih murah150rb/PP.

Hari sabtu pagi kami habiskan untuk maen2 di pantai ujung genteng yang surut di pagi hari,,kita bisa melihat ikan2 karang berwarna warni, dan memutari tanjung ujung genteng. Jam 11.00 kami memutuskan kembali ke Jakarta. Dari ujung genteng naek angkot ke surade, berhenti di surade untuk sholat dan makan, beli snack, minuman,dan obat anti mabok. Jam 13.30 perjalanan dilanjutkan ke sukabumi dengan elf lagi, sebenarnya dari surade bisa naek bis kecil menuju bogor atau sukabumi, tapi jumlah armada bis tersebut hanya 8 dan keberangkatan terakhir sekitar pukul 9. Sampe sukabumi di terminal lembursitu sekitar pukul 17.00 dan dilanjutkan naek angkot ke terminal degung. Disana tim kami terpisah kearah bandung dan Jakarta. Saya sendiri melanjutkan ke Jakarta dengan bis terakhir jurusan Cikarang via UKI berangkat dari degung pukul 18.00 dan nyampe di UKI pukul 22.00

Biaya Perjalanan

1. UKI-Ciawi (7.000)
  2. Ciawi-Sukabumi (10.000)
  3. Sukabumi-Lembursitu (3.000)
  4. Lembursitu-Cikaso (25.000)
  5. Tiket curug cikaso (2.000)
  6. Ke Goa+ perahu (30.000)
  7. Cikaso-Jampang (5.000)
  8. Jampang-Ujung Genteng (12.000)
  9. Penginapan (20.000)
  10. Ujung Genteng-Surade (8.000)
  11. Surade-Lembursitu (22.000)
  12. Lembursitu-Degung (4000)
  13. Degung-UKI (14.000)
  14. Total 162.000
  15. Untuk makan di ujung genteng cukup mahal dan hampir tidak ada pilihan.
About these ads

Entry filed under: Backpacking. Tags: .

Tiket Kereta Keteduhan Hati

9 Comments Add your own

• 1. blackandikauda  |  March 10, 2009 at 3:19 pm

mantaaaaaaaaaaab nas..
    infony kumplit!!!!

berguna kali itupun…
    hoheho..
    sayang awak pengen bgt ikut kmren..huhuhu

• 2. anasyusuf  |  March 12, 2009 at 3:50 am

ayo blekoo ke pulau sempu aja….

• 3. ridhobustami  |  May 10, 2009 at 1:24 pm

keren2 om…..
    mantap2 inpo2nye
    matur nuhun….

• 4. titi daniel  |  June 12, 2009 at 6:54 am

mau nanya tentang penginapan dong? di atas saya baca penginapan 20.000. itu pondokan/rumah penduduk ato pake tenda?
    trus kalo rumah penduduk, punya CP-nya ga? kebetulan mau ke ujung genteng minggu depan…
    thx a lot yaa… ^_^

• 5. anisa  |  August 27, 2010 at 4:17 am

waaa infonya kompluiiiitt!! makasih ya..
    saya ada rencana second hanimun kesana.. ujung genteng alamnya masih perawan.. (dibanding bali)

• 6. anasyusuf  |  October 28, 2010 at 2:39 am

salam kenal mbak anisa…maaf niy baru sempat bales komen…selamat hanimun kedua deh…bikin ngiri ajaaa.. :D

• 7. yudis  |  December 3, 2010 at 6:37 am

mas saya mau observasi ke sana
    pantai itu di sukabumu daerah apa nama pengkranya.
    dan kalu. saya di tangerang transpot apa yang saya gunakan yang paling murah.
    makasih mas.

• 8. anasyusuf  |  December 3, 2010 at 6:52 am

Saya sebenernya kurang tau kalo dari tangerang, maksudnya kalo misalnya dari tangerang ada bis langsung ke sukabumi lebih baik mas. Tapi kalo misalnya ga ada ya ke terminal terdekat dengan tangerang yang mungkin ada bis yang langsung ke sukabumi, mungkin di kalideres ada (kalo ingin pasti dari kampung rambutan). Sampai di sukabumi naek angkot ke terminal lembursitu, kemudian darisana bisa naek elf ke surade dari surade bisa naek angkot ke pantainya, tapi diusahakan jangan terlalu sore karena mungkin sudah ga ada lagi angkot. Semoga membantu mas, mohon maaf kalau kurang lengkap

• 9. yudis  |  December 4, 2010 at 1:07 pm

biaya perincian di atas itu sudah termasuk ongkos pp apa belum mas?dan tempat penangkrannya.dimana?
    dan jika tidak keberatan saya boleh minta no hp yang bisa saya hubungi.
    terimaksih mas mav kalu merepotkan.