Marry the right person

January 5, 2009 at 1:37 am 7 comments

Marry the right person. This one decision will determine 90% of your happiness or misery.

Saya ingin membahas hal pertama pada 21 suggestion for success dari om Jackson jr. Yang pertama mengenai jodoh, nikahilah orang yang tepat, karena ini akan menentukan kebahagiaan dan kesengsaraanmu, sampai 90% dia bilang, Wow!! Sebuah angka yang tidak kecil. Saya sepenuhnya setuju ama om Jackson,, mungkin suggestion ini udah ga berlaku lagi bagi orang-orang yang sudah menikah. Tapi bagi orang-orang single seperti saya,, saran ini sangat berguna. Menikah merupakan penggenapan agama, pelengkap ibadah. Menikah bukanlah ikatan hydrogen yang gampang terikat dan gampang lepas. Menikah adalah perjanjian ijab-qabul yang sangat kuat, yang sangat dibenci dan dimurkai Allah jika perjanjian itu rusak.

Kita akan hidup sampai akhir hayat dengan pasangan kita, kta akan menjadi penasehat pribadi, pengambil keputusan, pelindung setia, dan nakhoda dari bahtera yang akan mengarungi samudera. Bahtera tidak hanya mengapung saja di lautan, terombang ambing ombak, dan pergi entah kemana tanpa tujuan yang jelas. Seorang nakhoda harus mampu menunjukkan tujuan yang jelas dari pelayarannya. Nakhoda harus mampu mengarahkan bahtera ke tempat tujuan walupun badai, topan, dan ombak besar menghadangnya.

Tujuan pelayaran tak ubahnya seperti visi misi hidup kita, mo kemana arah hidup kita, apa tujuan akhir dari hidup kita. Jika suami adalah nakhoda dan istri adalah ABKnya. Maka sudah seharusnya keduanya memiliki tujuan yang sama. Dari suggestion yang pertama ini saya bisa mengambil hikmah, sebagai nakhoda dan kapten kapal hal pertama yang mesti dilakukan sebelum naik kapal adalah menentukan tujuan pelayaran dan pastikan ABK menyetujuinya,,jika ABK tidak setuju cari ABK yang lain. Jangan sampai sesudah naik kapal di tengah pelayaran, tujuan baru ditentukan. Iya kalo ABK setuju kalo ga…..will be misery. Nakhoda dan kapten diberi kebebasan untuk menentukan tujuan pelayarannya,, apakah dia menginginkan tujuan yang akan mendatangkan kebahagian sementara, ataukah tujuan yang mendatangkan kebahagiaan yang kekal selamanya. Let’s find the right person😀

Entry filed under: Serius. Tags: .

Penghujung 2008 LOVE and HAPPINES

7 Comments Add your own

  • 1. Resha  |  January 6, 2009 at 2:19 am

    nanya nas,,,

    gimana kita tau kalo itu orang yang tepat,,,???

    bukanya kita harus percaya kalo saat menikah itulah orang yang tepat untuk kita,,, karen itu jodoh kita dan di tetapkan oleh Allah..

    sekedar merancau

    Reply
  • 2. anasyusuf  |  January 6, 2009 at 2:38 am

    heheheh…emang susah sih sha,,how ro find the right person,,kalo secara ilmu sih dan secara seharusnya,,maka orang yang tepat itu adalah orang yang nantinya memiliki visi dan misi yang sejalan dengan kita,,misalnya kalo visi kita ingin memiliki keluarga sakinah,,mawaddah,,warahmah,, maka kita harus menurunkan visi tersebut menjadi turunan-turunan yang bersifat teknis,,misalnya bagaimana membina dan meningkatkan ilmu agama pada nantinya,,bagaimana menghilangkan rasa egoisme,,bagaimana mendidik anak kelak,,,semacam itulah,,,kalo “target” yang akan menjadi calon istri kita setuju,,bisa jadi dia adalah orang yang tepat…dan pastinya kalo ijab qabul udah dilakukan,,maka kita harus yakin bahwa dia adalah jodoh yang terbaik buat kita.Bagaimana menurut resha??

    Reply
  • 3. resha  |  January 7, 2009 at 1:28 am

    hehehe,,,,

    belum sampe ke turunan2 teknis nya sih,, soalnya saya sih menganggap kalo tujuan nya udah sama,, insya allah cara dan jalanya bisa dikompromikan,,, asal tidak mengkompromikan hal yang salah,,,

    hehehe,,, entah lah nas,,, kumaha atuh?? masalah yang kaya gini nih yang paling susah,,

    Reply
  • 4. anasyusuf  |  January 7, 2009 at 4:39 am

    hmmm…yang paling utama emang tujuannya sha,,itu jelas…mungkin kalo lebih ke teknis untuk memudahkan kita aja,,untuk memastikan kalo kita memang berjalan ke arah tujuan….
    Misalnya aja,, kalo tujuan kita menjadi orang yang bertaqwa,,pastinya hal pertama yang kita harus tahu kan ciri2 orang bertaqwa (bersifat teknis)……mungkin gitu sih sha pandangan subyektif gw😀

    *sama kayak ospek lah res,,kalo ga terkuantifikasi,,susah apakah parameter yang kita inginkan belum tercapai, sudah tercapai, mendekati tercapai, menuju arah tercapai…😀 mungkin gitu kali yaa…

    Reply
  • 5. pinpin  |  January 8, 2009 at 1:03 pm

    hwehwe,,, anyas punya blog,,, ku-link ya :p
    pembahasan yang serius, hee… setuju ama anyas, yang paling penting itu tujuan harus sama. tapi ada baiknya diperjelas, didiskusikan, mana tau parameternya ada yang beda, atau waktu pencapaiannya ga sama, blablabla… menyamakan suhu kali yee… udah usaha, baru deh tawakkal🙂

    *berdasarkan saran dari orang2 terdekat

    Reply
  • 6. Hadi Teguh Yudistira  |  January 10, 2009 at 1:17 am

    Sepertinya komentar di atas semuanya udah bagus, saya ngejunk ya… =)

    “The right man gets the right wife and the right woman gets the right husband” and vice versa…..

    Reply
  • 7. Just Married 1 « Anasyusuf’s Blog  |  March 18, 2011 at 4:02 am

    […] 3. Marry the right person […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: