Tiket Kereta

January 28, 2009 at 10:27 pm 3 comments

Tanggal 23 kemarin saya pulang kampung ke tuban dengan menggunakan kereta ekspress malam sembrani. Ini mudik kedua saya dari jakarta,,yang pertama pas idul adha kemarin, saya menghabis kan waktu 22 jam di jalan gara2 jalan pantura emang ga beres,, banyak jembatan diperbaiki,,banyak jalan yang diaspal ulang,,pokoknya cape di jalan lah,,ga cuma capek badan,, tapi makan ati juga😀. Gara2 itu juga membuat saya memilih transportasi kereta api,,harganya emang jauh lebih mahal,,tapi gimana lagi,,kalo emang lebih kita butuhkan.

Nah, balik lagi ke mudik kedua saya kemarin,,ada beberapa pengalaman yang membuat saya berpikir dan bertanya Apa yang mesti saya lakukan???

Pertanyaan ini muncul setelah kereta melewati jatinegara,,ada lebih dari 10 orang yang naek di gerbong saya, dan clingak-clinguk mencari tempat duduk yang kosong. Sudah bukan menjadi rahasia lagi, fenomena naek kreta tanpa membeli karcis sudah menjadi rahasia umum. Dan jujur aja,, baru sekarng saya memikirkan hal ini dengan lebih mendalam, coba bayangkan kalo ada 30 orang saja naek tanpa bayar, negara sudah dirugikan 9 juta rupiah (itung2an kasar). Kita sebagai seorang rakyat sering meneriakkan anti KKN untuk para pejabat tapi dalam kenyataannya kita sendiri yang sering melakukannya. Bahkan kaum mahasiswa yang teriak2 anti KKN saya yakin belum mengimplementasikan hal ini dalam kehidupannya.

Dalam hal naek kreta tanpa bayar, impact buruk yang bisa terjadi misalnya :

merugikan negara

mengajak orang lain berbuat dosa (menyuap dan disuap,sama2 dosa)

kalo terjadi kecelakaan tidak bisa mendapat jasa raharja, yang jadi masalah, terkadang kita menuntut pemerintah untuk membayar biaya kalo terjadi kecelakaan,,tapi kita sendiri ga mau bayar.

Merugikan penumpang lain, jelas kita menyuap kondektur kereta misal dengan uang 100 rb,,padahal penumpang lain harus membayar tiket dengan harga 350 rb,,padahal kita mendapat fasilitas yang sama.

Mentalitas kita, dan sensitivitas kita terhadap kecurangan,, tindakan manipulatif, tidak jujur, dan kemunafikan semakin meningkat. Menyebabkan kita tidak bisa membedakan mana yang benar, mana yang salah.

Hal2 diatas mungkin cuma sebagian dari impact buruk yang akan terjadi,, yang membuat saya makin mengelus dada,, terkadang orang2 yang melakukan itu tidak malu lagi melakukannya,, bahkan cenderung bangga.

Sudahkah kita tertib,,menjadi seseorang yang memikili mentalitas yang matang,, tidak kekanak-kanakan,,memiliki pola pikir yang bertahap,,multi layer,, dan berpikir jauh ke depan,, dan tidak berorientasi pada kesenangan sesaat. Memang tidak mudah,,tapi bukan berarti tidak bisa….

Mulai dari kita sendiri………

Entry filed under: Serius. Tags: .

Bagaimana meyakinkan mereka?? Backpacking to Ujung Genteng

3 Comments Add your own

  • 1. mahdavi  |  February 15, 2009 at 4:58 pm

    *wah tauziah yg menyegarkan Bro, slm kenal

    *Oh iya sy mengundang anda tuk membaca Novel sy yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, kl gak keberatan sekalian di follow, mohon dukungannya

    *Salam hormat

    Reply
  • 2. piqs  |  March 3, 2009 at 9:23 pm

    Betoool! Gw gondok banget tuh, waktu naek kereta ekspresnya bogor-jakarta, ngarep2 agak lowong gitu kan. Bayar 9 rebu. Eeeh, ternyata eh ternyata, teteup aja penuh. Yang parah, penuhnya sama orang2 yang ga bayar tiket lagi! Nyawerin kondekturnya aja serebu dua rebu perak. Gondok beraat! Udah gitu ada yang ngomong gini lagi di antara yang nyaweran itu; “wah, bulan puasa ga bisa lagi nih naek kereta gini” Halaaahhhhhhh! Jadi kalo ga bulan puasa boleh ya paaak! cape deh!

    *curhat sejenak

    Reply
  • 3. alfian mahendra  |  March 5, 2009 at 5:16 am

    waaahh… kowe mulih tuban ga kondo2…
    aku kan lagi neng blora.. nganggur banget… padahal kan aku iso dolan neng omahmu pas kowe blaik tuban..
    kapan2 nek mulih tuban , kabar2 yo le..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: