My Hobbies….

March 31, 2009 at 5:40 am Leave a comment

Entah kenapa saya ingin menguraikan hal-hal yang menjadi hobi saya. Mungkin hanya ingin berbagi dengan teman-teman aja, apakah hal yang saya pikirkan ini sama atau ga,, atau bisa jadi tulisan ini menjadi inspirasi bagi teman2 untuk menemukan hobi baru.
Secara garis besar ada 3 hobi yang sangat saya sukai dan sering saya lakukan yaitu membaca, olahraga, dan jalan2.

Membaca :
Membaca adalah aktifitas yang cukup menyenangkan buat saya, dan saya juga bukan tipe orang2 yang pilih2 bahan bacaan, saya tidak fanatik terhadap satu tema. Membaca menurut saya adalah salah satu bentuk pembelajaran, membaca membuat kita tahu sesuatu tanpa harus kita sendiri yang mengalaminya.
Waktu SD, mungkin saya adalah salah satu anak yang sering sekali meminjam buku2 di perpustakaan, buku2 tokoh kepahlawanan anak2 kecil yang mampu meringkus kawanan perampok di suatu desa yang saat mereka berlibur di rumah nenek mereka, cerita sedih seorang anak miskin yang harus menjual koran, atau cerita2 lain yang biasanya ada di perpustakaan SD. Sekali pinjam bisa 2-4 buku. Atau pinjam buku dari teman2 entah itu tentang detektif cilik, lupus cilik, komik,dsb, cerita2 di buku tersebut terkadang membuat saya membayangkan kejadian-kejadian di buku bakalan ada di kehidupan nyata.
Membaca memang membuat kita bisa melihat hidup dari sudut pandang lain. Membaca juga bisa mejadi sarana introspeksi diri, kadang di saat saya butuh tausiyah, di saat hati ini kering,, atau semangat ibadah turun, buku lah yang menjadi pengingat saya. Di usia yang memang sudah tidak remaja lagi, sebagian orang akan semakin sedikit yang mengingatkan kita, karena memang kita dianggap sudah cukup dewasa untuk tahu dan bisa memilih mana yang benar dan mana yang salah. Maka memang diperlukan sensing elemen dalam diri kita sendiri, apakah kita memang sedang butuh tausiyah, atau kita memang butuh sesuatu hal untuk mengarahkan kita kembali menuju sesuatu yang haq. Membaca bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan ghirah, karena secara manusiawi kita terkadang malah gengsi apabila orang lain yang mengingatkan, kalo dengan membaca maka hati kita akan berjanji dan hanya Allah yang tahu, dan usaha memperbaiki diri pun terasa lebih bermakna,, karena usaha itu kita sendiri yang menjadi trigger bukan orang lain. Hobi ini masihs sering saya lakukan,, tapi akhir2 ini saya lebih disibukkan dengan membaca hal2 yang berurusan dengan pekerjaan, sudah cukup lama juga tidak membaca buku yang bisa meningkatkan ghirah dan meningkatkan kualitas diri,,mumpung masih ingat…let’s do it. Membaca memang membutuhkan waktu, apalagi membaca buku seperti novel yang mungkin membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tapi jangan sampai kita menikmati bacaan hanya saat membaca saja,, harus ada sebuah hasil yang lebih dari sekedar senang atau tahu cerita yang kit abaca. Kita harus mampu mengambil hikmah dari setiap rangkaian kalimat dari buku2 yang kita baca. Ambil hikmah dan terapkan di kehidupan kita, dan waktu kita yang terbuang untuk membaca tidak lagi sia-sia.

Entry filed under: Santai. Tags: .

Terjepit Masa Depan dan Masa Lalu My Hobbies…part 2

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

March 2009
M T W T F S S
« Jan   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


