Nikmatnya Sebuah Perjalanan #backpacking1

November 16, 2010 at 7:10 am Leave a comment

Backpacking, ini mungkin salah satu hobi saya dari sekian banyak hobi yang saya jalanin. Yah, backpack atau jalan2 murah bagi sebagian orang memang jalan2 kek gini agak ga masuk akal alias,,nyusahin diri sendiri. Tapi ada beberapa hal yang membuat saya merasa ketagihan untuk melakukannya lagi, karena memang sudah cukup lama saya ga backpack lagi. Mungkin bisa jadi karena prioritas financial saya yang ga lagi kearah jalan-jalan atau mungkin juga karena semakin susahnya nyari temen untuk diajak jalan2 kek gini. Yah, seperti kita tahu kalo jalan2 yang agak repot dikit emang harus dengan temen2 yang benar2 sudah mengerti kita, yang bisa diajak susah, yang bisa diajak saling berbagi  tentang banyak hal. Dan benar memang kata Rosulullah bahwa kita tidak bisa melihat watak seseorang sepenuhnya sebelum kita menginap bersamanya dalam waktu lebih dari 3 hari, atau melakukan perjalanan jauh bersama. Karena memang watak asli kita akan terlihat disana, rasa egoisme, menang sendiri, ga  mau berbagi, ngambek, dsb. Yah itulah kenapa mungkin susah buat saya untuk  backpack lagi, karena alasan financial dan teman yang mungkin belum ada yang bisa diajak untuk jalan-jalan lagi, dan alas an ketiga adalah waktu, kalopun ada uang, temen juga ada, eh ternyata waktu sering tidak bersahabat. Yah sudahlah, dan sampe sekarng pun (yang hampir satu tahun) tidak ada jalan2 lagi yang bener2 bisa masuk di hati.

Bagi sebagian orang menganggap orang yang hobi backpack adalah orang yang kesepian, bisa jadi benar,bisa jadi juga salah.Semua tergantung dari sudut pandang kita dari melihat sesuatu. Kita bisa menganggap orang yang melakukan backpack adalah orang yang kesepian karena dia sering jalan-jalan sendiri, dan menikmati kesendiriannya dalam perjalanan itu. Tapi jika kita melihat lebih dalam, disanalah sebenarnya kemampuan interaksi social kita diuji. Bagaimana kita dituntut untuk membaur dengan lingkungan baru, mencoba berkenalan dengan  orang2 lokal demi sekedar mencari informasi, bertanya tempat2 yang asik di sekitar sana, mencari penginapan yang murah, mencari tempat makan yang murah dan enak, mencari  tahu transportasi yang bisa kita jangkau, dan banyak hal lain yang memang dituntut keberanian kita untuk berinteraksi dengan lingkungan baru.

Saya juga ga menyalahkan orang yang berpendapat backpacker itu seorang yang kesepian karena mungkin bisa jadi di berbagai penjuru dunia ini banyak sekali “lone ranger backpacker” tapi saya ga mau langsung menjustifikasi  mereka adalah orang2 yang kesepian. Tapi saya menyadari bahwa kecenderungan kita jika bepergian bersama teman2, bepergian dengan teman2 kita dengan jumlah yang cukup banyak (lebih dari 5) membuat kita semakin buta akan keadaan sekitar, kita terlalu enjoy terhadap komunitas sendiri sehingga kurang tanggap terhadap lingkungan social yang baru. Bahkan karena begitu asiknya kita bersama komunitas kita membuat kita lupa akan keberadaan orang2 lain di sekitar kita yang bisa jadi menyebabkan kita sudah menganggu mereka. Jika udah seperti ini, maka saya merasa nilai dari sebuah backpack itu akan hilang.

Mengenai pengalaman mengenai backpack  dan nilai2 yang saya dapatkan, akan saya posting di postingan selanjutnya.

Entry filed under: Backpacking. Tags: .

Passion Jangan tinggalkan aku?? Nikmatnya Sebuah Perjalanan #backpacking 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

November 2010
M T W T F S S
« May   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: