Bangsa ini butuh apresiasi

November 18, 2010 at 6:14 pm 4 comments

Malam ini gw berpikir banyak hal,termasuk bagaimana menjadi seseorang yang bisa berkontribusi lebih terhadap lingkungan,,entah kenapa gw merasa kurang dengan semua hal yang gw lakukan. Gw tau sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, gw yakin semua orang juga tau itu termasuk gw. Tapi entah kenapa gw merasa belum bisa mengaplikasikan itu semua dalam kehidupan gw. Entah karena memang gw yang ga mau berusaha,dan menjadi orang yg egois, atau memang karena keadaan sekitar yang memang membuat gw cuma berpikir terhadap hal2 yang bersifat diri sendiri. Yah diakui atau tidak terkadang target2 yang kita ingin capai untuk masa depan lebih banyak adalah pencapain diri sendiri,,dulu pas SMA pengen tembus SPMB lah,,NEM bagus lah. Pas kuliah pengen cepet lulus,pengen kerja gaji lumayan, yaaah ternyata memang target pencapaian gw sangat egois sekali.

Gw bener2 tersadar,harus memasukkan paramater kontribusi untuk org lain dalam rencana masa depan gw, gimana kita bisa bermanfaat bagi orang dengan kadar yang besar jika dalam perencanaan saja kita tidak memasukkan variabel2 dan parameter2 kontribusi. Semoga gw bisa merencanakan masa depan dengan parameter2 kontribusi sebagai komponen utama. Ayooo semangaaaaat.

Gw hari ini memang sedikit terkesan melihat salah satu blog artis Indonesia yang membuat gw merasa kecil dan tidak berarti. Dia berusaha menumbuhkan semangat sense of belonging terhadap bangsa ini melalui lagu2nya,melalui komunitas2nya,that’s so nice. Pernahkah kita terpikir untuk membanggakan bangsa ini. Pernah kita berpikir untuk tidak hanya mengolok2 bangsa ini,tidak hanya mengkritik tanpa tindakan apapun. Gw merasa terusik dengan guyonan2 yang mengolok2 bangsa sendiri. Terkadang tanpa tersadar otak kita memang berpikir untuk memaklumi dan cenderung menyalahkan tanpa ada sebuah solusi. Bagaimana kita menertawakan bangsa sendiri,,juara korupsi no. 4 (anggap seperti itu) kita dengan “bangga” ngatain kenapa ga ranking 1 ya?? Ketika tingkat kecelakan kerja ataupun kecelakaan transportasi cukup tinggi,kita bilangnya “maklumlah,indonesia standar safetynya rendah”. Kenapa kita seolah2 menjadi orang skeptis terhadap bangsa sendiri,kenapa hal semacam ini menjadi olok2an. Ini sebenernya menjawab kenapa propaganda cintai produk Indonesia tidak pernah berhasil, karena kita sendiri sudah skeptis dengan bangsa ini. Mungkin sebagian yang membaca tulisan ini bakal komen,,”kita??lo aja kali!!”.

Tapi jujur, hati gw terusik dengan semua ini,terusik dengan hobi kita mengolok2 bangsa kita sendiri,,mengolok2 tanpa solusi. Bahkan untuk saat sekarang ketika atlit2 kita berjuang di Asian Games apakah kita masi menganggap wajar dengan perolehan medali yang kita dapat?? Apakah kita masi berpikir,”maklumlah Indonesia”, segitu skeptiskah kita terhadap bangsa ini.

Semoga bangsa ini semakin dewasa, tidak menjadikan kelemahan sebagai kebanggaan, tidak menjadikan keburukan menjadi kebiasaan, tidak menjadikan kekurangan sebagai bahan olok2an, semoga bangsa ini bisa lebih kritis dan tanggap terhadap situasi, bisa menjadikan kekurangan sebagai motivasi, bisa menjadikan keburukan sebagai bara reformasi. Dan selalu berpikir untuk mencari solusi, tidak hanya sibuk tertawa dan mencaci diri sendiri.

Entry filed under: Serius. Tags: .

Nikmatnya Sebuah Perjalanan #backpacking 2 Just Married 1

4 Comments Add your own

  • 1. blackandikauda  |  November 19, 2010 at 11:32 pm

    yap bener bgt nas..

    setidaknya kontribusi terkecil yang bisa kita lakuin nanti..
    when we grown up…
    pliss inject some proudness for being Indonesian to your children or even to your surroundings…

    Reply
    • 2. anasyusuf  |  December 3, 2010 at 6:53 am

      Setuju blek,,sedang berusaha niy…gw kemarin agak tertohok juga ama twitternya fadjroel.. lw ngetwit juga ga??

      Reply
  • 3. nastishares  |  January 13, 2011 at 2:13 pm

    Berjuang dengan setia bagi mimpi, untuk memberikan yang baik bagi dunia meskipun mustahil, adalah kegilaan yang memberi harga kepada manusia. (GM)

    Mari nyalakan lilin kita!;)
    daripada mencaci maki di kegelapan =D

    PS : menu gw minggu2 ini gm nas..jd dikutip mulu deh..😉

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

November 2010
M T W T F S S
« May   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: